• Sehatmu Pengabdianku

Profil Puskesmas Purbalingga

Pusat Kesehatan Masyarakat, disingkat Puskesmas, adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.[1] Upaya kesehatan tersebut diselenggarakan dengan menitikberatkan kepada pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan. Puskesmas dipimpin oleh seorang kepala Puskesmas yang bertanggung jawab kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Wilayah kerja Puskesmas Purbalingga termasuk wilayah Kecamatan Purbalingga, bagian utara dan merupakan Ibu Kota dari Kecamatan Purbalingga, sehingga merupakan daerah yang padat penduduknya.

        Kecamatan Purbalingga memiliki ketinggian 50 meter sampai dengan 1.124 meter di atas permukaan air laut (DPAL), sedangkan keadaan iklimnya tidak terlalu berbeda dengan rata-rata keadaan iklim di Jawa Tengah. Rata-rata curah hujannya 4,837 mm per bulan atau 3,569 mm per tahun.

Jarak tempuh dari Puskesmas Purbalingga  ke ibu kota Kabupaten kurang lebih   2 km dan ke Kecamatan kurang lebih 4  km.

Sedangkan Luas wilayah kerja Puskesmas Purbalingga adalah 706,93 ha terdri atas 8 kelurahan yaitu Kelurahan Bancar, Kelurahan Purbalingga Wetan, Kelurahan Purbalingga Kidul, Kelurahan Kandang Gampang, Kelurahan Purbalingga Kulon, Kelurahan Purbalingga Lor, Kelurahan Kembaran Kulon, dan Kelurahan Wirasana.

 Wilayah kerja Puskesmas Purbalingga merupakan Kecamatan dengan luas terkecil ( 1.473,33 ha ), yang dibagi dalam 2 wilayah kerja ( Puskesmas Purbalingga dan Puskesmas Bojong ).

Puskesmas Purbalingga menyediakan layanan IGD, Pemeriksaan Umum, KIA dan KB, MTBS, Pemeriksaan Gigi dan Mulut, Laboratorium, Farmasi, Imunisasi dan Ruang Promosi Kesehatan.